Cara Setting Klep Motor Satria FU 150 Paling Mudah

Cara Setting Klep Motor Satria FU 150 Paling Mudah – Satria Fu adalah salah satu motor dari Suzuki yang memiliki banyak peminat karena memiliki mesin serta tampilan yang keren bagi banyak orang. Satria Fu adalah motor dari Suzuki yang di buat menggunakan mesin bertipe DOHC atau mesin dengan 4 klep yang beroperasi langsung ke Noken As. Setiap motor yang ada klepnya biasanya memiliki setelan klep motor yang berguna menunjang performa motor, namun pada motor Satria Fu ini setelan klep itu tidak ada.

Itulah sebabnya banyak dari mekanik bengkel motor yang tidak mau untuk mensetting klep Satria Fu. Setelan klep motor itu sangat penting untuk kita bisa mengetahui kondisi dari klep tersebut apakah terlalu rapat atau malah terlalu renggang. Apalagi jika motor anda telah mengalami klep yang di skir, tentu perlu dilakukan penyesuaian di klep motor anda agar posisinya bisa pas.

Advertisement

Bisa saja anda melakukan skir pada klep motor Satria Fu ini, namun ada syaratnya yaitu posisi klep tersebut harus di posisikan dengan baik kerenggangannya. Selain itu, pada saat proses skir, gunakanlah Autosol atau bisa juga pasta yang halus agar klep tidak terlalu banyak terkikis. Nah, jika anda ingin tahu cara yang baik dan benar mengenai cara setting klep motor Satria Fu, langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini.

 

Cara Setting Klep Motor Satria FU 150 Paling Mudah

 

1. Pertama-tama buka dahulu tutup kepala silinder dengan cara membuka 4 buah baut di bagian atas yang berukuran L6.
2. Kemudian kondisikan piston di titik mati atas setelah klep bekerja dengan cara lihat di bagian blok magnet hingga anda melihat huruf T yang ada pada magnet.
3. Berikutnya adalah anda harus menyiapkan feeler gauge yang berfungsi sebagai pengukur lebar celah klep lalu selipkan feeler gauge tadi ke celah noken as bagian bawah dan jangan lupa untuk mengukur jarak kerenggangannya.
4. Pada saat mesin dingin, ukuran normal setelan klep Satria Fu adalah 0,10 hingga 0,20 mm untuk klep In dan klep Out berukuran 0,20 hingga 0,30. Kalau ukuran klep Satria Fu anda tidak sesuai dengan ukuran di atas, anda hanya perlu melepas noken as dan lepas juga rumah untuk shim karena shim ini punya pengaruh untuk celah klep. Ukuran dari shim ini sangat kecil sekali seperti sebuah pil yang berukuran kecil.
5. Cek angka yang tertera pada shim yang memiliki fungsi sebagai penunjuk ketebalan shim, semakin tebal ukuran shim, maka setelan klep akan semakin rapat celahnya. Pilihlah shim yang berukuran sesuai menurut anda karena ada banyak pilihan ukuran ketebalan shim mulai dari 1.20 sampai 2.20 dengan interval 0,05 mm.

Nah itulah cara yang benar untuk melakukan setting klep motor Satria Fu, mudah sekali bukan caranya. Bagi anda yang masih bingung, kami akan berikan contoh kasus setting klep Satria Fu di bawah ini agar anda tidak bingung lagi. Langsung saja lihat contoh kasusnya di bawah ini.

Apabila celah klep out Satria Fu anda berukuran 0.05 mm padahal seharusnya ukuran paling rapat celah klep out tersebut adalah 0.20 mm, itu berarti celah klep motor anda kurang lebar 0.15 mm. Untuk mengakali masalah tersebut, anda bisa menggunakan shim yang berukuran lebih tipis seperti ukuran 1.65 mm agar setelannya bisa pas dan sesuai.

Artikel lainnya : Cara Mengatasi RPM Satria Fu Yang Error Atau Mati Mendadak

Demikianlah sedikit informasi yang bisa kami bagikan untuk anda mengenai cara setel klep Satria Fu semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa di lain waktu.

Incoming search terms:

  • cara setel klep satria fu
  • cara skir klep satria fu
  • Cara stel klep fu
  • cara stel klep satria FU
  • cara menyetel klep satria fu
  • setel cela katup satria FU
  • ukuran sim satria fu
  • klep satria fu
  • stel klep fu
  • cara nyetel klep satria fu
Cara Setting Klep Motor Satria FU 150 Paling Mudah | marno | 4.5