Fungsi CDI Pada Suzuki Motor Satria FU 150

Fungsi CDI Pada Suzuki Motor Satria FU 150 – CDI adalah system pengapian yang ada di mesin pembakaran dalam yang memanfaatkan energy dari kapasitor untuk menghasilkan tegangan tinggi ke koil pengapian untuk menghasilkan spark di busi. Energy yang ada di dalam kapasitor ini yang punya peran seberapa besar kekuatan spark dari busi untuk memantik campuran gas dalam ruang bakar. Semakin besar energy kapasitor maka spark busi juga semakin kuat untuk memantik gas bakar dengan menggunakan koil yang sama.

Jadi CDI punya peran penting untuk performa motor Satria FU anda karena pengapian yang baik membuat pembakaran di ruang bakar jadi sempurna untuk hasilkan panas pembakaran yang optimal. Panas juga sangat berpengaruh untuk desain mesin bakar yang berguna mengubah energy kimia jadi energy panas dan di rubah jadi energy gerak. Panas yang di maksudkan adalah panas hasil ledakan campuran gas bakar dan bukan akibat gesekan antar komponen dalam ruang bakar.

Advertisement

Gambar CDI Untuk Satria FU 150 :

 

Fungsi CDI Pada Suzuki Motor Satria FU 150

 

Cara Menghitung Besar Kecilnya Energy CDI :

Besarnya energy CDI bias di hitung dari rumus dasar energy kapasitor seperti E=1/2 x C xV x V dimana C adalah besarnya kapasitor dan V adalah tegangan kapasitor. Jika kapasitor yang di gunakan adalah 1uF lalu tegangannya 300V maka energy kapasitor itu jika di hitung adalah 45 mili Joule dan inilah energy yang akan di kirim ke busi lewat koil dan akan memantik gas di ruang bakar.

Inti dari CDI adalah energy yang di hasilkannya dan biasanya pada kecepatan Rpm maksimal system CDI harus mengisi kapasitor hingga tegangan out yang di tentukan sebelum satu putaran Crankshaft. Sebab tiap satu putaran crankshaft tegangan yang ada akan di lepas ke koil akibat posisi sensor yang ada di magnet atau dengan kata lain pengapian terjadi pada langkah kompresi dan langkah buang.

Timing pengapian serta settingan lain juga punya pengaruh untuk hasil akhir performa mesin. Tapi pada kasus sebuah CDI, enrgi output adalah yang punya ketentuan untuk kualitas CDI dan CDI dengan energy besar adalah punya tenaga lebih besar untuk hasilkan performa mesin yang baik. Jadi untuk fungsi CDI pada motor Satria FU adalah system pengapian yang ada di mesin pembakaran dalam yang memanfaatkan energy dari kapasitor untuk menghasilkan tegangan tinggi ke koil pengapian untuk menghasilkan spark di busi.

Artikel lainnya : Cara Mengganti Lampu Pada Motor Suzuki Satria FU 150

Itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai fungsi CDI pada motor Satria FU, fungsi CDI ini hampir sama di setiap motor, semoga bias bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa di lain waktu dan jangan lupa baca artikel kami yang lainnya.

Incoming search terms:

  • fungsi cdi satria fu
  • fungsi cdi pada satria fu
  • fungsi CDI fu
  • fungsi cdi pada satria
  • fungsi cdi satria
  • CDI yang sama dengan CDI fu
  • cdi fu output plg besar
  • tegangan satria fu
  • fungsi CDi motor satria F
  • fungsi cdi pada motor fu
Fungsi CDI Pada Suzuki Motor Satria FU 150 | marno | 4.5