Teknik Cara Trik Menerjang Banjir Yang Aman dan Baik Untuk Mobil Saat Musim Hujan

Teknik Cara Trik Menerjang Banjir Yang Aman dan Baik Untuk Mobil Saat Musim Hujan – Menerjang banjir adalah hal yang sangat berbahaya bagi para pengendara mobil. Meski selamat dari terjangan banjir, pasti kemungkinan besar mobil anda mengalami kerusakan. Untuk kali ini kami akan memberitahu sedikit cara meredukasi kerusakan pada mobil anda yang terpaksa melewati terjangan banjir. Yuk langsung saja kita simak cara meredukasi pada mobil yang rusak karena terjangan banjir.

Langkah utama yang perlu di lakukan anda. Awasi ketinggian air yang akan anda lewati. Semakin besar air meninggi  atau genangan air semakin tinggi maka semakin besar juga kerusakan pada mobil anda prinsip yang kami sarankan, genangan air yang akan anda sebrangi semakin tinggi sampai mendekati (air intake) atau lubang masuknya udara pada mobil anda.

Advertisement

Langkah untuk mengontrol  ketinggian air ada cara tertentu. Nah cara yang paling mudah bisa lihat mobil lainnya yang akan melewati terjangan bajir. Anda cermati seberapa ketinggian air pada mobil yang anda lihat lalu anda bisa bandingkan pada mobil anda. Akan sangat gampang sekali jika mobil yang anda cermati itu sama dengan mobil anda.

 

Teknik dan Trik Menerjang Banjir Dengan Aman dan baik untuk mobil saat musim hujan

 

Nah untuk langkah selanjutnya anda perhatikan lingkungan sekitar anda, lalu anda cari patokan agar anda bisa memperkirakan seberapa besar ketinggian air pada lingkungan anda atau yang akan anda lewati, contoh patokannya yaitu pagar rumah, separator jalan, tiang listrik dan masih banyak lainnya. Jika anda sudah yakin terjangan banjir bisa anda lewati, anda bisa mengambil posisi yang akan anda sebrangi dan tentukan juga sisi air yang lebih rendah dan jalanan yang  terbebas dari jalan rusak atau polisi tidur dan juga lainnya yang bisa memperlambat laju kendaraan anda.

Selanjutnya anda waspadai atau jaga jarak dengan mobil lainnya yang berada di depan anda, semakin jauh jarak mobil anda dengan kendaraan yang di depan anda  itu akan semakin lebih baik jika anda sudah begitu yakin kendaraan di depan anda tidak mengganggu laju mobil anda. Perkirakan laju kendaraan anda dengan ukuran laju sedang sekitar 1. 500-2. 000 rpm.

Jangan terlalu cepat laju mobil anda jika akan menerjang banjir karena jika anda melaju dengan kandaraan putaran tinggi akan besar daya isap hawa dari mesin kendaraan anda maka hal ini semakin besar air masuk ke dalam mesin dan akan menimbulkan water hammer dan mesin menjadi rusak. Jika anda mengendarai mobil dengan sedang, meski air masuk ke dalam ruang mesin, resiko  kerusakannya lebih nimimum di bandingkan mengendarai dengan putaran mesin tinggi. Nah usahakan jangan melakukan injakan ½ kopling pada saat anda akan melewati terjangan banjir lajukan mobil dengan sedang  hingga anda melewati genangan banjir.

Bagaimana bila anda salah perkiraan dan genangan banjir yang akan anda lewati terlalu tinggi? Jika anda melihat ketinggian banjir melewati saluran hawa ke mesin atau smpai ke kap mesin, bergegas anda matikan mesin secepatnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya water hammer yang bisa membuat mesin jadi hancur.

Jika anda berhasil melewati terjangan banjir, jangan dulu anda melanjutkan perjalanan anda. Diamkan sejenak kendaraan anda  atau keringkan rem mobil dengan cara injak rem dengan di iringi pedal gas. Jika rem sudah kembali normal anda bisa melanjutkan perjalanan anda.

Silahkan anda baca juga artikel kami yang lainnya seperti : Cara dan Tips Merawat Atau Mencegah Mobil Agar Tidak Berkarat di Musim Hujan

Hanya itu yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat ya sobat otomotif, terimakasih.

Incoming search terms:

  • cara membersihkan karbu supra x 125
Teknik Cara Trik Menerjang Banjir Yang Aman dan Baik Untuk Mobil Saat Musim Hujan | marno | 4.5