Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati Atau Soak ( Lemah )

Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati Atau Soak ( Lemah ) – Bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor, tentunya pada kendaraan tersebut memiliki sebuah aki. Aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah motor, pasalnya jika aki pada sebuah motor mati, maka kemungkin besar motor akan mengalami mogok, selain itu lampu pada motor tersebut tidak akan menyala. Tidak hanya untuk sebuah motor, kendaraan roda empatpun turut menggunakan sebuah aki. Aki yang saat ini banyak digunakan oleh kebanyakan pengguna motor ataupun mobil adalah aki kering atau sering di sebut juga dengan MF Battery ( Maintenance Free ). Mengapa aki kering banyak di pilih oleh mereka pengguna sepeda motor serta pengguna mobil ? Karena aki kering memiliki kelebihan yaitu sangat mudah untuk perawatannya.

Selain perawatannya yang sangat mudah, aki kering juga memiliki kelebihan lainnya yaitu kita tidak di repotkan dengan selalu mengisi air aki jika sudah kering atau air aki habis secara terus menerus. Kelebihan lainnya dari aki kering adalah tidak menimbulkan masalah jika kita meletakannya dengan posisi miring sekalipun. Pada aki kering juga memiliki kelebihan yang sangat tangguh, yaitu mampu bertahan lama jika di bandingkan dengan aki basah. Selain itu pada aki kering juga memiliki performa yang sangat bagus, hal ini dapat kita lihat dengan adanya sebuah separator khusus dan juga grid yang mampu bertahan terhadap korosi.

 

Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati Atau Soak ( Lemah )

 

Mengenai harga aki kering memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan aki basah, namun hal ini dapat kita maklumi karena kualitas serta performanya juga berbeda. Namun bagaimana jika ada aki kering yang kita gunakan mengalami masalah seperti terjadinya soak atau sudah lemah ? Nah, untuk kesempatan kali ini kami dari amediumformat.com akan membahas tentang cara mudah mengatasi aki kering yang soak atau sudah lemah. Seperti apa caranya ? Mari kita simak saja selengkapnya dibawah ini.

Bahan Untuk Mengatasi Aki Kering Yang Soak Atau Sudah Lemah :

  1. Pertama yaitu Air Aki ( zuur ). Untuk air aki jenis ini, sebaiknya anda membelinya dengan benar, dan pastikan air tersebut untuk mengisi aki yang baru bukan air aki untuk menambah cairan aki yang biasa digunakan untuk aki basah.
  2. Setelah itu kita siapkan obeng ( – ) atau bisa juga pencukit, hal ini untuk kita gunakan untuk membuka bagian atas pada aki.
  3. Suntikan tinta yang biasa digunakan untuk menyuntik air tinta printer, bisa juga menggunakan jarum suntik, hal ini bertujuan untuk memasukan air zuur ke dalam box aki yang akan kita isi.
  4. Terakhir adalah kain lap, hal ini untuk menjaga ketika air aki menetes atau tumpah pada saat kita melakukan pengisian.

Cara Melakukan Perbaikan Pada Aki Kering :

  1. Siapkan aki kering yang kita perbaiki, sebelum kita membersihkannya, pastinya kita membersihannya terlebih dahulu. Gunakan air aki untuk membersihkan kotoran yang ada pada aki.
  2. Bukalah penutup aki pada bagian atas dengan menggunakan obeng yang telah kita siapkan tadi.
  3. Hati hati jangan sampai air aki tertumpah.
  4. Jika tutup bagian atas sudah terbuka, maka kita akan melihat tutup yang sangat kecil pada bagian dalamnya yang terbuat dari karet, tutup yang biasanya ada pada aki kering ini memiliki 3 buah tutup, ada juga yang lebih banyak jika aki memiliki ampere lebih besar.
  5. Masukan air zuur pada suntikan, jika tutup sudah terbuka, maka langsung kita masukan air zoor melalui tutup kecil tadi.
  6. Untuk pengisian air zuur pastiakan jangan terlalu penuh.
  7. Jika semua sudah terisi, maka tutup kembali tutup karet pada aki tersebut sampai tutup tertutup dengan erat, hal ini untuk menjaga kebocoran pada aki dan tidak merembes.
  8. Untuk penutup bagian atas, pastikan di tutup dengan sangat rapat. Untuk memastikan tidak terjadi kebocoran, maka anda bisa menambahkan lem untuk merekatnya secara sempurna.
  9. Apabila sudah selesai, maka aki siap untuk di charger, hal ini untuk pengisian tegangan melalui cara di sambungkan dengan motor atau mobil yang bisa menyala supaya aki yang telah kita perbaiki mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter.
  10. Anda juga bisa melakukan pengecesan dengan cara menggunakan trafo cas ( charger transformator ) sebagai pengisian awalnya dengan lebih cepat.
  11. Jika aki sudah di charger, maka kita bisa memasangnya pada motor atau mobil kita.
  12. Hidupkan motor atau mobil kita selama 15 menit agar aki yang telah kita perbaiki memiliki tegangan yang igistabil.
  13. Nah, sampai disini anda sudah bisa melakukan perbaikan pada aki kering yang ada pada motor atau mobil.

Nah, itulah tips yang dapat kami bagikan untuk cara memperbaiki aki kering yang soak atau sudah lemah. Untuk merawat aki kering kita agar lebih awet, maka lakukanlah pemanasan setidaknya 2 kali sehari dengan selang waktu 15 menit saja.

Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang kami share bisa bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa untuk terus mengunjungi wensite kami di amediumformat.com sebagai sumber informasi otomotif anda, sampai jumpa di artikel kami selanjutnya ya terimakasih.

 

Incoming search terms:

  • cara mengatasi aki fu yg lemah
  • cara perbaiki aki tangki cas
  • Kebocoran tutup aki kering bisa lemah
Tips Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Mati Atau Soak ( Lemah ) | marno | 4.5