Tips Cara Mengganti Air Radiator Sendiri di Rumah Terbukti Ampuh

Tips Cara Mengganti Air Radiator Sendiri di Rumah Terbukti Ampuh – Pada bagian mobil, radiator merupakan komponen yang sangat penting sebagai penunjang kelancaraan pada sistem kinerja mesin mobil. Mengapa demikian ? Karena Radiator merupakan pendingin suhu mesin agar mesin tetap bekerja dengan baik, selain itu mesin akan bekerja dengan sangat maksimal. Namun bagaimana tips dan cara merawat radiator dengan baik ? Untuk merawat radiator dengan baik dan benar, maka anda harus mengganti air radiator jika sudah melakukan perjalanan hingga 20.000 km. Selain itu, untuk merawat radiator anda bisa mengganti air radiator pada mobil anda jika sudah keruh, untuk mengetahui air radiator sudah keruh atau belum, maka anda bisa melihatnya dengan cara melihat dengan melalui lubang pada bagian atas radiator.

Nah, itulah cara yang sangat mudah untuk merawat radiator pada mobil anda. Namun bagaimana jika anda ingin mengisi air radiator pada mobil anda tanpa harus ke bengkel, atau dengan kata lain anda ingin mengisi air radiator sendiri di rumah ? Seperti apa caranya ? Yuk kita lihat saja dibawah ini.

 

Tips Cara Mengganti Air Radiator Sendiri di Rumah Terbukti Ampuh

 

Cara Mengganti Air Radiator Mobil Sendiri di Rumah :

1. Buka Lubang Radiator Bagian Atas

Untuk melakukan pengisian air radiator pada mobil anda, maka kita harus membuka lubang radiator bagian atas. Setelah itu buka baut yang ada dibawah radiator yang merupakan baut pembuangan air radiator. Jika sudah dibuka, maka biarkan air radiator terkuras habis. Namun sebelumnya, untuk dapat melakukan hal ini, mesin mobil anda harus dalam keadaan dingin. Hal ini bertujuan agar tidak membuat anda cidera karena panasnya mesin mobil. Pada tahap ini, anda juga harus melakukan hal ini dengan cara menghidupkan mesin hidup, yang bertujuan agar air radiator pada mesin terkuras habis.

2. Pastikan Semua Air Radiator Habis Semua

Jika semua air radiator telah terkuras habis, maka matikan mesin mobil anda dan lakukan pemasangan baut yang telah kita lepas pada tahap sebelumnya. Untuk memaksialkan pengisian, maka bukalah baut tempat pembuangan angin jika ada, hal ini agar pada saat pengisian air radiator bisa maksimal. Isilah radiator dengan air bersih dan cairan pendingin radiator atau radiator coolant sampai airnya keluar meluap melalui baut pembungan angin.

3. Tutup Baut Pembuangan

Hal selanjutnya adalah menutup kembali baut yang telah kita buka tadi. Biarkan penutup bagian atas terbuka, setelah itu nyalakan mesin mobil anda supaya kipas radiator berputar dan biarkan mesin mobil dalam keadaan hidup sampai speesometer menunjukan setengah.

4. Pastikan Air Radiator Terisi Penuh

Agar pengisian air radiator maksimal, maka pastikan pengisian air radiator sudah penuh. Jika air radiator sudah pas, maka silahkan anda tutup kembali lubang radiator bagian atas tadi.

5. Cek Air Pengganti Air Radiator

Selain mengganti air radiator, anda juga harus melakukan pengecekan pada bagian tangki cadangan radiator ( reservoir tank ). Apabila air sudah kotor, bukalah penutup tangki cadangan radiator, buanglah air yang sudah kotor dan lakukan pengisian kembali dengan air yang sudah bersih sampai maksimal. Tutuplah tangki radiator dengan rapat.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mengganti air radiator sendiri di rumah. Bagi anda yang ingin mencoba hal ini, maka anda bisa melihat tahapan demi tahapan yang telah kami uraikan, semoga hal ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Silahkan anda baca juga artikel kam yang lainnya ya. Sampai jumpa lagi dan terimakasih.

Incoming search terms:

  • cara mengisi air radiator satria fu
  • cara pengisian air radiator satria fu
  • cara menambah air radiator satria fu
  • cara mengganti air radiator satria
  • cara mengganti air radiator satria fu
  • cara mengisi air radiator motor satria
  • air radiator fu
  • cara isi air ladiator motor satria
  • cara meganti air saendiri pada motor fu
  • tempat air radiator satria f
Tips Cara Mengganti Air Radiator Sendiri di Rumah Terbukti Ampuh | marno | 4.5